Bosnia dan Herzegovina

Bosnia dan Herzegovina   

Penduduk: 4.622.163


Latar belakang
Bosnia dan Herzegovina deklarasi kedaulatan pada Oktober 1991 diikuti oleh deklarasi kemerdekaan dari bekas Yugoslavia pada tanggal 3 Maret 1992 setelah referendum diboikot oleh etnis Serbia. Orang-orang Serbia Bosnia - Serbia yang didukung oleh tetangga dan Montenegro - menanggapi dengan perlawanan bersenjata ditujukan untuk partisi republik garis etnis dan bergabung dengan Serbia-wilayah yang dikuasai untuk membentuk sebuah "Serbia Raya." Pada bulan Maret 1994, Bosnia dan Kroasia mengurangi jumlah faksi dari tiga menjadi dua dengan menandatangani perjanjian menciptakan Bosniak / Kroat Federasi bersama Bosnia dan Herzegovina. Pada tanggal 21 November 1995, di Dayton, Ohio, pihak yang bertikai diparaf kesepakatan damai yang membawa berhenti tiga tahun perselisihan antaretnis sipil (kesepakatan akhir telah ditandatangani di Paris pada tanggal 14 Desember 1995). Persetujuan Perdamaian Dayton dipertahankan Bosnia dan Herzegovina batas internasional dan menciptakan pemerintah multi-etnis dan demokratis dituduh melakukan asing, diplomatik, dan kebijakan fiskal. Juga diakui adalah tingkat kedua pemerintahan terdiri dari dua entitas yang kurang lebih sama dalam ukuran: yang Bosniak / Kroat Bosnia Federasi Bosnia dan Herzegovina dan Serbia Bosnia yang dipimpin Republik Srpska (RS). Pemerintah Federasi dan RS yang bertugas mengawasi fungsi pemerintah yang paling. Kesepakatan Dayton juga mendirikan Kantor Perwakilan Tinggi (Ohr) untuk mengawasi pelaksanaan aspek sipil perjanjian. Perdamaian Pelaksanaan Council (PIC) pada konferensi di Bonn pada tahun 1997 juga memberikan Perwakilan Tinggi wewenang untuk memberlakukan undang-undang dan menghapus pejabat, yang disebut "Bonn Powers." Pada 1995-96, seorang pimpinan NATO internasional pasukan penjaga perdamaian (IFOR) dari 60.000 tentara bertugas di Bosnia untuk melaksanakan dan memantau aspek militer perjanjian. IFOR digantikan oleh, lebih kecil yang dipimpin NATO Pasukan Stabilisasi (SFOR) yang misinya adalah untuk mencegah permusuhan baru. Pasukan penjaga perdamaian Uni Eropa (EUFOR) menggantikan SFOR pada bulan Desember 2004; misi mereka adalah menjaga perdamaian dan stabilitas di seluruh negeri. Misi EUFOR berubah dari penjaga perdamaian untuk sipil kepolisian pada bulan Oktober 2007, dengan kehadirannya berkurang dari hampir 7.000 menjadi kurang dari 2.500 pasukan. Dibandingkan dengan kekuatan pasukan pada akhir 2010 mencapai sekitar 1.500. Pada bulan Januari 2010, Bosnia dan Herzegovina diasumsikan kursi honorer di Dewan Keamanan PBB untuk jangka 2010-11.




Geografi
Dalam Bosnia dan perbatasan Herzegovina yang diakui, negara ini dibagi menjadi Bosnia / Kroasia bersama Federasi (sekitar 51% wilayah) dan Serbia Bosnia yang dipimpin Republik Srpska atau RS (sekitar 49% wilayah); wilayah yang disebut Herzegovina adalah berdekatan dengan Kroasia dan Montenegro, dan secara tradisional telah dilunasi oleh mayoritas etnis Kroasia di barat dan mayoritas etnis Serbia di timur
Lokasi: Eropa tenggara, berbatasan dengan Laut Adriatik dan Kroasia
Geografis koordinat: 44 00 N, 18 00 E
Area: total: 51.197 km persegi lahan: 51.187 km ² air: 10 km persegi
Ukuran perbandingan: sedikit lebih kecil dari Virginia Barat
Batas Tanah: total 1.538 km perbatasan negara: Kroasia 932 km, 249 km Montenegro, Serbia 357 km
Coastline: 20 km
Maritim klaim: data tidak tersedia
Iklim: musim panas yang panas dan musim dingin, daerah elevasi tinggi memiliki pendek, musim dingin dan panjang, musim dingin yang parah; ringan, musim hujan di sepanjang pantai
Terrain: pegunungan dan lembah
Ketinggian ekstrem: Titik terendah: Laut Adriatik 0 m titik tertinggi: Maglic 2.386 m
Sumber daya alam: batubara, bijih besi, bauksit, tembaga, timah, seng, kromit, kobalt, mangan, nikel, tanah liat, gipsum, garam, pasir, kayu, tenaga air
Tanah menggunakan: garapan lahan: 19,61% tanaman permanen: 1,89% lainnya: 78,5% (2005)
Irigasi: 30 km persegi (2008)
Bencana alam: gempa yang merusak
Sekarang Lingkungan Masalah: polusi udara dari pabrik metalurgi; situs untuk membuang limbah perkotaan terbatas; kekurangan air dan kerusakan infrastruktur karena perselisihan 1992-95 sipil; deforestasi
Internasional Perjanjian Lingkungan: pendukung: Polusi Udara, Biodiversity, Perubahan Iklim, Perubahan Iklim-Protokol Kyoto, Desertifikasi, Limbah Berbahaya, Hukum Laut, Konservasi Kehidupan Laut, Perlindungan Lapisan Ozon, Wetlands ditandatangani, tapi tidak disahkan: tidak ada perjanjian yang terpilih
Orang-orang
Populasi: 4.622.163 (Juli 2011 est)
Umur struktur: 0-14 tahun: 14% (laki-laki 333.989 / perempuan 313.234) 15-64 tahun: 71% (laki-laki 1.655.669 / perempuan 1.625.750) 65 tahun ke atas: 15% (laki-laki 283.233 / perempuan 410.288) (2011 est)
Median umur: total: 40,7 tahun laki-laki: 39,6 tahun wanita: 41,9 tahun (2011 est)
Tingkat pertumbuhan populasi: 0,008% (2011 est)
Angka kelahiran: 8,89 kelahiran / 1,000 populasi (2011 est)
Tingkat kematian: 8,8 kematian / 1,000 populasi (Juli 2011 est)
Bersih migrasi rate: 0 migran (s) / 1,000 populasi (2011 est)
Jenis kelamin: saat kelahiran: 1,074 laki-laki (s) / wanita di bawah 15 tahun: 1,07 laki-laki (s) / wanita 15-64 tahun: 1,02 laki-laki (s) / wanita 65 tahun ke atas: 0,69 laki-laki (s) / total populasi perempuan: 0,97 laki-laki (s) / wanita (2011 est)
Angka kematian bayi: total: 8.67 kematian / 1,000 kelahiran hidup laki-laki: 9,95 kematian / 1,000 kelahiran perempuan: 7.3 kematian / 1,000 kelahiran hidup (2011 est)
Harapan Hidup: total populasi: 78,81 tahun laki-laki: 75,25 tahun perempuan: 82,63 tahun (2011 est)
Kesuburan: 1,27 anak lahir / wanita (2011 est)
HIV / AIDS - tingkat prevalensi dewasa: kurang dari 0,1% (2007 est)
HIV / AIDS - orang yang hidup dengan HIV / AIDS: 900 (2007 est)
HIV / AIDS - kematian: 100 (2001 est)
Negara: kata benda: Bosnia (s), Herzegovinian (s) kata sifat: Bosnia, Herzegovinian
Suku bangsa: Bosnia 48%, 37,1% Serbia, Kroasia 14,3%, lainnya 0,6% (2000) catatan: Bosnia telah menggantikan Muslim sebagai istilah etnis sebagian untuk menghindari kebingungan dengan istilah agama Islam - penganut Islam
Agama: Muslim 40%, Ortodoks 31%, Katolik Roma 15%, lainnya 14%
Bahasa: Bosnia (resmi), Kroasia (resmi), Serbia
Melek: definisi: usia 15 dan lebih dapat membaca dan menulis total populasi: 96,7% laki-laki: 99% perempuan: 94,4% (2000 est)
Pemerintah
Negara nama: Bentuk panjang konvensional: tidak ada bentuk pendek konvensional: Bosnia dan Herzegovina bentuk panjang lokal: tidak ada bentuk pendek lokal: Bosna i Hercegovina mantan: Republik Rakyat Bosnia dan Herzegovina, Republik Sosialis Bosnia dan Herzegovina
Pemerintahan: muncul federal yang demokratis republik
Modal: nama: Sarajevo koordinat geografis: 43 52 N, 18 25 E perbedaan waktu: UTC +1 (6 jam di depan Washington, DC saat Standard Time) daylight saving time: +1 jam, dimulai Minggu terakhir bulan Maret; berakhir Minggu terakhir bulan Oktober
Administrasi divisi: 2 orde pertama divisi administrasi dan 1 kabupaten yang diawasi internasional * - Brcko kabupaten (Brcko Distrikt) * diperoleh Bosniak / Kroat Federasi Bosnia dan Herzegovina (Bosna i Hercegovina Federacija) dan Serbia Bosnia yang dipimpin Republik Srpska; catatan - Brcko kabupaten di timur laut Bosnia dan merupakan pemerintahan sendiri unit administratif di bawah kedaulatan Bosnia dan Herzegovina dan secara resmi diadakan di kondominium antara dua entitas; Kabupaten tetap di bawah pengawasan internasional
Kemerdekaan: 1 Maret 1992 (dari Yugoslavia; referendum untuk kemerdekaan selesai pada tanggal 1 Maret 1992; kemerdekaan dideklarasikan pada tanggal 3 Maret 1992)
Hari libur nasional: Hari Nasional, 25 November (1943)
Konstitusi: Perdamaian Dayton Persetujuan yang ditandatangani 14 Desember 1995 di Paris, termasuk konstitusi; catatan - setiap perusahaan yang juga memiliki konstitusi sendiri
Sistem hukum: hukum perdata sistem; Mahkamah Konstitusi Tinjauan tindakan legislatif
Hak pilih: 18 tahun, 16 jika bekerja; yang universal
Cabang eksekutif: Kepala negara: Ketua Presidensi Zelko KOMSIC (ketua presiden sejak 10 Juli 2011; presiden anggota sejak 6 November 2006 - Kroasia); anggota lain dari kepresidenan beranggota tiga orang memutar setiap delapan bulan: Bakir Izetbegovic (presiden anggota sejak 10 November 2010 - Bosnia); Nebojsa Radmanovic (presiden anggota sejak 6 November 2006 - Serbia) kepala pemerintahan: Ketua Dewan Menteri Nikola SPIRIC (sejak 11 Januari 2007) kabinet: Dewan Menteri ditunjuk oleh ketua dewan; disetujui oleh tingkat negara DPR (Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website Pemimpin Dunia) pemilihan: tiga anggota kepresidenan (satu Bosniak, satu Kroasia, satu Serbia) dipilih melalui pemilu untuk masa jabatan empat tahun (memenuhi syarat untuk masa jabatan kedua , tapi kemudian tidak memenuhi syarat untuk empat tahun) oleh konstituen mengacu pada tiga kelompok etnis; kandidat dengan suara terbanyak dalam konstituen terpilih; ketua berputar setiap delapan bulan dan resume mana tinggalkan mengikuti setiap pemilihan umum; pemilu terakhir diselenggarakan pada 3 Oktober 2010 (berikutnya akan diadakan pada bulan Oktober 2014); Ketua Dewan Menteri ditunjuk oleh presiden dan dikonfirmasi oleh Gedung tingkat negara dari hasil pemilu Perwakilan: persentase suara - Nebojsa Radmanovic dengan 48,9% suara untuk kursi Serbia; Zeljko KOMSIC dengan 60,6% suara untuk kursi Kroasia; Bakir Izetbegovic dengan 34,9% suara untuk kursi Bosnia catatan: Presiden Federasi Bosnia dan Herzegovina: Zivko Budimir (sejak 17 Maret 2011); Wakil Presiden Spomenka MICIC (sejak 21 Februari 2007) dan Mirsad Kebo (sejak 21 Februari 2007); Presiden Republika Srpska: Milorad Dodik (sejak 15 November 2010)
Cabang legislatif: bikameral Parlemen Majelis atau Skupstina terdiri dari Dewan Rakyat atau Dom Naroda (15 kursi, 5 Bosnia, 5 Kroasia, 5 Serbia; anggota dipilih oleh DPR Bosniak / Kroat Federasi Masyarakat dan Majelis Nasional Republika Srpska untuk melayani empat tahun istilah ), dan Gedung tingkat negara RI atau Predstavnicki Dom (42 kursi, 28 kursi yang dialokasikan untuk Federasi Bosnia dan Herzegovina dan 14 kursi untuk Republika Srpska; anggota dipilih melalui pemilu atas dasar perwakilan proporsional untuk melayani empat tahun); catatan - UU Pemilu Bosnia menentukan empat tahun istilah bagi negara dan orde pertama administrasi badan legislatif divisi pemilu: Gedung Masyarakat - terakhir merupakan bulan Februari 2007 (selanjutnya akan dibentuk tahun 2011); tingkat negara bagian Rumah Perwakilan - pemilu terakhir diselenggarakan pada tanggal 3 Oktober 2010 (berikutnya akan diadakan pada bulan Oktober 2014) hasil pemilihan: Dewan Rakyat - persentase suara dari partai / koalisi - NA; kursi oleh partai / koalisi - NA; tingkat negara DPR - persen suara dari partai / koalisi - NA; kursi oleh partai / koalisi - SDP BiH 8, SNSD 8, SDA 7, SDS 4, SBBBiH 4, HDZ-BiH 3, SBIH 2, HDZ-1990/HSP 2, 4 catatan lain yaitu Bosniak / Kroat Federasi memiliki badan legislatif bikameral yang terdiri dari Dewan Rakyat (58 kursi - 17 Bosniak, 17 Kroasia, Serbia 17, 7 lainnya); Februari dibentuk 2007 lalu, dan DPR (98 kursi; anggota dipilih berdasarkan suara terbanyak untuk masa tugas empat tahun); pemilihan terakhir diadakan pada tanggal 3 Oktober 2010 (berikutnya akan diadakan pada bulan Oktober 2014); persen suara dari partai - NA; kursi oleh partai / koalisi - SDP 28, SDA 23 SBBBiH 13 , HDZ-BiH 12, SBIH 9, HDZ-1990/HSP 5, NSRzB 5, lainnya 3; Republika Srpska memiliki Majelis Nasional (83 kursi; anggota dipilih dari suara terbanyak untuk masa tugas empat tahun); pemilu terakhir diselenggarakan pada 3 Oktober 2010 (berikutnya akan diadakan pada bulan Oktober 2014); persen suara dari partai - NA; kursi oleh partai / koalisi - SNSD 37, SDS 18, PDP 7, DNS 6, SP 4, DP 3, SDP 3, SDA 2 , NDS 2 SRS-RS 1; sebagai hasil dari proses reformasi konstitusi 2002, sebuah 28-anggota Republik Srpska Dewan Masyarakat (COP) didirikan di Republik Srpska Majelis Nasional termasuk 8 orang Kroasia, Bosnia 8, 8 Serbia, dan 4 anggota komunitas yang lebih kecil
Yudisial cabang: BiH Mahkamah Konstitusi (terdiri dari sembilan anggota: empat anggotanya dipilih oleh Gedung Bosniak / Kroat Federasi DPR, dua anggota Majelis Nasional Republika Srpska, dan tiga non-Bosnia anggota oleh ketua Pengadilan HAM Eropa); BiH Pengadilan Negeri (terdiri dari 44 hakim nasional dan tujuh hakim internasional dan memiliki tiga divisi - Administrasi, Banding dan Pidana - memiliki yurisdiksi atas kasus yang berkaitan dengan tingkat negara hukum dan kasus dimulai pada entitas yang mempertanyakan kedaulatan BiH, kemerdekaan politik, atau nasional keamanan atau dengan kejahatan ekonomi yang berakibat serius terhadap perekonomian BiH itu, di luar itu dari suatu entitas atau Brcko District), sebuah Perang Kamar Kejahatan dibuka Maret 2005 catatan: entitas masing-masing memiliki sebuah Mahkamah Agung; entitas masing-masing juga memiliki sejumlah pengadilan yang lebih rendah , ada 10 pengadilan kewilayahan di Federasi, ditambah sejumlah pengadilan kota; Republika Srpska memiliki pengadilan negeri lima dan sejumlah pengadilan kota
Partai dan pemimpin politik: Aliansi untuk Masa Depan yang Lebih Baik dari BiH atau SBB-BiH [Fahrudin Radoncic]; Aliansi Demokrat Sosial Independen atau SNSD [Milorad Dodik]; Bosnia Pihak atau BOSS [Mirnes AJANOVIC]; Bosnia Patriotik Pihak atau BPS [Sefer Halilovic]; Partai Demokrat Civic atau GDS [Ibrahim Spahic]; Kroasia Partai Hak Asasi atau HSP [Zvonko Jurisic]; Partai Baru-Kroat Petani Kroasia Initiative atau HSS-NHI [Ante COLAK]; Kroasia Uni Demokratik Kristen Bosnia dan Herzegovina atau HKDU [Ivan MUSA]; Uni Demokratik Kroasia Bosnia dan Herzegovina atau HDZ-BiH [Dragan COVIC]; Uni Demokratik Kroasia 1990 atau HDZ-1990 [Bozo LJUBIC]; Kroasia Masyarakat Uni [Milenko BRKIC]; Demokrasi Nasional Union atau DNZ [Rifat DOLIC]; Partai Demokrat atau DP [Dragan CAVIC]; Rakyat Demokratik Aliansi atau DNS [Marko PAVIC]; Partai Demokrat Liberal atau LDS [Rasim KADIC]; NASA Stranka atau NS [NA; pemilihan kepemimpinan akhir 2010/early 2011]; Baru Partai Sosialis atau NSP [Zdravko KRSMANOVIC]; Partai untuk Bosnia dan Herzegovina atau SBIH [Haris Silajdzic]; Partai Aksi Demokratik atau SDA [Sulejman TIHIC]; Partai Kemajuan Demokrasi atau PDP [Mladen IVANIC]; Rakyat Partai Karya untuk Kemajuan atau NSRzB [Mladen Ivankovic- LIJANOVIC]; Serbia Partai Demokrat atau SDS [Mladen BOSIC]; Serbia Partai Radikal Republika Srpska atau SRS-RS [Milanko MIHAJLICA]; Serbia Radikal Partai-Dr. Vojislav Seselj atau SRS-VS [Mirko Blagojevic]; Partai Sosial Demokrat BiH atau SDP BiH [Zlatko LAGUMDZIJA]; Sosial Demokrat Union atau SDU [Nermin PECANAC]; Partai Sosialis Republik Srpska atau SPRS [Petar DJOKIC]
Kelompok Penekan dan pemimpin: lain: perang veteran; pengungsi asosiasi; asosiasi keluarga orang hilang, media swasta
Partisipasi organisasi internasional: BIS, CE, CEI, EAPC, EBRD, FAO, G-77, IAEA, IBRD, ICAO, ICRM, IDA, IDB, IFAD, IFC, IFRCS, ILO, IMF, IMO, IMSO, Interpol, IOC, IOM, IPU, ISO, ITSO, ITU, ITUC, MIGA, MONUSCO, NAM (pengamat), OAS (pengamat), OIC (observer), OPCW, OSCE, PFP, SECI, PBB, Dewan Keamanan PBB (sementara), UNCTAD, UNESCO, UNIDO, UNWTO, UPU, WCO, WHO, WIPO, WMO, WTO (pengamat)
Perwakilan diplomatik di AS: kepala misi: Duta Besar Mitar Kujundzic kearsipan: 2109 E Street NW, Washington, DC 20037 telepon: [1] (202) 337-1500 FAX: [1] (202) 337-1502 konsulat (s) umum: Chicago, New York
Perwakilan diplomatik dari Amerika Serikat: kepala misi: Duta Besar Patrick S. MOON kedutaan: 1 Robert C. Frasure Street, 71000 Sarajevo alamat: penggunaan telepon kedutaan jalan alamat: [387] (33) 704-000 FAX: [387] (33) 659-722 cabang kantor (s): Banja Luka, Mostar
Ekonomi
Perang antaretnis di Bosnia dan Herzegovina menyebabkan produksi menurun sebesar 80% dari tahun 1992 sampai 1995 dan pengangguran melonjak. Dengan perdamaian tidak nyaman di tempat, keluaran pulih di 1996-1999 pada tingkat persentase yang tinggi dari basis yang rendah, tetapi pertumbuhan output melambat pada 2000-02. Bagian dari lag dalam output dibuat selama 2003-08, ketika pertumbuhan PDB lebih dari 5% per tahun. Namun, negara mengalami penurunan PDB lebih dari 3% pada tahun 2009 mencerminkan efek lokal dari krisis ekonomi global. Salah satu tantangan utama Bosnia ekonomi tahun 2010 telah mengurangi pengeluaran untuk upah sektor publik dan manfaat sosial untuk memenuhi kriteria IMF untuk mendapatkan dana untuk mengatasi kekurangan anggaran. Perbankan reformasi dipercepat pada tahun 2001 karena semua biro pembayaran Komunis era ditutup; bank asing, terutama dari Austria dan Italia, kini menguasai sebagian besar sektor perbankan. The Marka konvertibilna (tanda konversi atau BAM) - mata uang nasional diperkenalkan pada 1998 - yang dipatok terhadap euro, dan kepercayaan pada mata uang dan sektor perbankan telah meningkat. Sektor swasta Bosnia tumbuh, tetapi investasi asing telah turun tajam sejak 2007. Belanja pemerintah, di sekitar 50% dari PDB, tetap tinggi karena kantor-kantor pemerintah yang berlebihan di tingkat negara bagian, badan dan kota. Privatisasi BUMN telah lambat, terutama di Federasi mana divisi politik antara partai politik berbasis etnis membuat kesepakatan tentang kebijakan ekonomi lebih sulit. Defisit akun yang cukup besar saat ini dan tingkat pengangguran yang tinggi tetap menjadi dua masalah makroekonomi yang paling serius. Keberhasilan penerapan pajak pertambahan nilai tahun 2006 menyediakan sumber diprediksi pendapatan bagi pemerintah dan membantu kendali dalam abu-abu-kegiatan pasar. Statistik tingkat nasional juga meningkat dari waktu ke waktu tetapi sebagian besar kegiatan ekonomi tetap tidak resmi dan tidak tercatat. Bosnia dan Herzegovina menjadi anggota penuh dari Perjanjian Perdagangan Bebas Eropa Tengah pada September 2007. Bosnia dan Herzegovina prioritas utama ekonomi adalah: percepatan integrasi ke dalam Uni Eropa, memperkuat sistem fiskal; reformasi administrasi publik; Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) keanggotaan; dan mengamankan pertumbuhan ekonomi dengan mendorong dinamika sektor swasta yang kompetitif. Negara ini telah menerima sejumlah besar bantuan asing dan harus menunjukkan kemampuannya untuk melaksanakan agenda reformasi ekonomi dalam rangka memajukan tujuan lain yang aksesi Uni Eropa. Pada tahun 2009, Bosnia dan Herzegovina melakukan sebuah Dana Moneter Internasional (IMF) pengaturan siaga, diharuskan oleh belanja sosial meningkat tajam dan krisis fiskal diperburuk oleh krisis ekonomi global. Program ini bertujuan untuk mengurangi pengeluaran pemerintah berulang dan memperkuat pengumpulan pendapatan.
PDB (paritas daya beli): PDB (paritas daya beli): $ 30330000000 (2010 est) $ 30090000000 (2009 est) $ 31040000000 (2008 est) catatan: data tahun 2010 dolar AS
PDB (nilai tukar resmi): PDB (nilai tukar resmi): $ 16830000000 (2010 est)
GDP - tingkat pertumbuhan sebenarnya: 0,8% (2010 est) -3,1% (2009 est) 5,7% (2008 est)
GDP - per kapita (PPP): GDP - per kapita (PPP): $ 6,600 (2010 est) $ 6.500 (2009 est) $ 6.800 (2008 est) catatan: data tahun 2010 dolar AS
GDP - komposisi oleh sektor: pertanian: 9.8% industri: 25,9% jasa: 64,3% (2010 est)
Tenaga kerja: 2,6 juta (2010 est)
Tenaga kerja - dengan pekerjaan: pertanian: 20,5% industri: 32,6% services: 47% (2008)
Tingkat pengangguran: 43,1% (2010 est) 44,2% (2009 est) catatan: kurs resmi
Populasi di bawah garis kemiskinan: 18,6% (2007 est)
Pemasukan rumah tangga atau konsumsi berdasarkan persentase bagian: terendah 10%: 2,7% tertinggi 10%: 27,3% (2007)
Distribusi pendapatan keluarga - Gini index: 36.2 (2007)
Tingkat inflasi (harga konsumen): Tingkat inflasi (harga konsumen): 2,1% (2010 est) -0.4% (2009 est)
Anggaran: pendapatan: $ 7631000000 pengeluaran: $ 8379000000 (2010 est)
Publik utang: 39,1% dari PDB (2010 est) 35,4% dari PDB (2009 est)
Pertanian - produk: gandum, jagung, buah-buahan, sayuran, ternak
Industri: baja, batubara, bijih besi, timah, seng, mangan, bauksit, aluminium, perakitan kendaraan, tekstil, produk tembakau, mebel kayu, amunisi, peralatan rumah tangga, penyulingan minyak
Tingkat pertumbuhan produksi industri: 4,2% (2010 est)
Listrik - produksi: 14580000000 kWh (2009 est)
Listrik - konsumsi: 10,8 milyar kWh (2009 est)
Listrik - ekspor: 3,9 miliar kWh (2009 est)
Listrik - impor: 1,2 miliar kWh (2009 est)
Minyak - produksi: NA bbl / hari (2010 est)
Minyak - Konsumsi: NA bbl / hari (2010 est)
Minyak - Ekspor: 96 bbl / hari (2009 est)
Minyak - impor: 38.890 bbl / hari (2009 est)
Minyak - cadangan resmi: 0 bbl (1 Januari 2011 est)
Gas alam - produksi: 0 cu m (2009 est)
Gas alam - konsumsi: 390 juta cu m (2010 est)
Gas alam - ekspor: 0 cu m (2010 est)
Gas alam - impor: 390 juta cu m (2010 est)
Gas alam - cadangan resmi: 0 cu m (1 Januari 2011 est)
Laporan neraca keuangan saat: - $ 1175000000 (2010 est) - $ 2667000000 (2009 est)
Ekspor: $ 4937000000 (2010 est) $ 4080000000 (2009 est)
Ekspor - komoditas: logam, pakaian, produk kayu
Ekspor - mitra: Slovenia 20,4%, Kroasia 16,6%, Italia 16,5%, Jerman 13,5%, Austria 11% (2010)
Impor: $ 9220000000 (2010 est) $ 8773000000 (2009 est)
Impor - komoditas: mesin dan peralatan, bahan kimia, bahan bakar, bahan makanan
Impor - mitra: Kroasia 22,2%, Slovenia 13,5%, Jerman 13,3%, Italia 11,4%, 6,4% Austria, Hungaria 5,8% (2010)
Cadangan devisa dan emas: $ 2380000000 (31 Desember 2010 est) $ 3245000000 (31 Desember 2009 est)
Hutang - eksternal: $ 9678000000 (31 Desember 2010 est) $ 9583000000 (31 Desember 2009 est)
Nilai pasar saham publik yang diperdagangkan: $ NA
Exchange: konvertibilna markas (BAM) per dolar AS - 1,5088 (2010) 1,4079 (2009) 1,3083 (2008) 1,4419 (2007) 1,5576 (2006)
Komunikasi
Telepon yang digunakan: 998.600 (2009) dibandingkan dengan negara dunia: 79
Telepon selular yang digunakan: 3.257.000 (2009)
Telepon sistem: Perkiraan umum: rekonstruksi pasca-perang dari jaringan telekomunikasi, dibantu oleh program internasional yang disponsori, mengakibatkan peningkatan tajam dalam jumlah saluran telepon tetap tersedia domestik: fixed-line teledensitas sekitar 22 per 100 orang; mobile-selular subscribership telah meningkat cepat dan, pada tahun 2009, mencapai 70 telepon per 100 orang internasional: kode negara - 387; tidak ada stasiun bumi satelit (2009)
Stasiun penyiaran radio:
Stasiun penyiaran televisi:
Negara: . Ba
Internet host: 95,234 (2010)
Pengguna internet: 1.422.000 (2009)
Angkutan
Bandara: 25 (2010) dibandingkan dengan negara dunia: 129
Bandara (landasan pacu aspal): Total: 7 2.438 untuk 3.047 m: 4 1.524 ke 2.437 m: 1 di bawah 914 m: 2 (2010)
Bandara (landasan pacu tak beraspal): Total: 18 1,524 2.437 m: 1 914 sampai 1.523 m: 6 di bawah 914 m: 11 (2010)
Heliports: 5 (2010)
Pipa: gas 147 km; minyak 9 km
Kereta Api: total: 601 km ukuran standar: 601 km 1,435 m-alat pengukur (392 km berlistrik) (2009)
Jalan raya: total: 22.926 km diaspal: 19.426 km (4.652 km jalan antar kota) tak beraspal: 3.500 km (2010)
Waterways: (Sungai Sava di perbatasan utara; terbuka untuk pengiriman tetapi gunakan terbatas) (2009)
Pelabuhan dan terminal: Bosanska Gradiska, Bosanski Brod, Bosanski Samac, dan Brcko (semua port perairan pedalaman di Sungai Sava), Orasje
Militer

Militer cabang: Angkatan Bersenjata Bosnia dan Herzegovina (AFBiH): Tentara Bosnia dan Herzegovina, Udara dan Pertahanan Udara Angkatan Bosnia dan Herzegovina (Zrakoplovstvo i Protuzracna Obrana, ZPO) (2010)
Dinas militer usia dan kewajiban: 18 tahun untuk layanan militer sukarela; wajib militer dihapuskan pada Januari 2006, 4 bulan kewajiban pelayanan; pensiun wajib pada usia 35 atau setelah 15 tahun pelayanan (2010)
Tersedia untuk tugas militer: laki-laki usia 16-49: 1.180.829 perempuan usia 16-49: 1.143.919 (2010 est)
SDM yang sesuai untuk tugas militer: laki-laki usia 16-49: 968.242 perempuan usia 16-49: 937.327 (2010 est)
       Sumber: CIA


Template by:

Free Blog Templates